Monday, March 24, 2014

[Q&A] Apa itu sebum?

Hallo!
Kembali lagi di sesi Q&A.
Terakhir kali bikin post Q&A kayaknya udah lama banget :"
Maafkan aku. Hihi. Padahal banyak banget pertanyaan yang muncul dari pembaca blog aku.
Nah ini salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan.
Apa sih sebum itu?
Disclaimer nih ya, aku bukan dokter, jadi aku menjawab pertanyaan ini sesuai dengan pengetahuanku aja ya. Aku juga bukan ahli kulit, dsb. Cuma mau share aja. Buat yang mau koreksi, boleh. Mau nambahin juga boleh :)

apa itu sebum




Definisi
Sebum adalah zat berminyak yang disekresikan oleh kelenjar di kulit. Tujuan utamanya adalah untuk membuat kulit dan rambut tahan air dan untuk melindungi mereka dari kekeringan.

Kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang bertugas untuk menghasilkan si sebum ini. Dan kelenjar ini dapat ditemukan hampir di seluruh kulit kalian kecuali telapak tangan dan kaki. Yang paling banyak itu ada di punggung, dahi, dan dagu.

Manfaat
Sebum memiliki banyak manfaat. Antara lain sebagai penjaga agar air yang masuk ke dalam tubuh kalian tidak terlalu banyak dan mencegah juga badan kalian kehilangan terlalu banyak air dari kulit kalian. Sebum juga melindungi kulit dari infeksi bakteri dan jamur.

Nah, dari penjabaran fungsi diatas, udah tau kan kalau sebum itu punya peran penting buat kulit kalian? Tapi jangan salah, terlalu banyak sebum di kulit kalian juga ga baik loh. Sebum ini itu kan minyak. Buat kalian yang kulitnya berminyak, pasti ngerasain kalau kalian punya problem dengan yang namanya jerawat. Ini karena folikel rambut kalian tersumbat dengan sebum dan sel kulit mati, jadi bakteri tumbuh dan menyebabkan jerawat. Folikel tersumbat di bawah permukaan menyebabkan whiteheads. Folikel tersumbat di kulit permukaan menyebabkan komedo.

Jadi,
Jumlah dari sebum ini harus di control dari masing2 orang. Orang yang berjenis kulit kering, biasanya level sebumnya sedikit. Ini juga ga baik loh karena kekurangan sebum bisa bikin kulit kalian cepet keriput! Kebanyakan, juga ga baik soalnya bisa nyebabin jerawat. Oleh karena itu, kalian harus pake skincare yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Kalau kulitnya kering, pake deep moisturizer supaya sebumnya normal lagi. Kalau kulitnya berminyak, pake produk no sebum supaya sebumnya berkurang.

Udah menjawab pertanyaan kalian belum?
Semoga berguna ya postingan ini.

Have a nice day :)

Also find me on:

4 comments:

  1. Thanks for sharing cii!

    www.elinivana.com

    ReplyDelete
  2. Wah makasih Mbak artikelnya ^^
    eh whitehead apa lagi ya?

    ReplyDelete
  3. thank for sharingg mbak..aku banyak sebumnya karena kulitku tipe yang oily

    www.blueskyandme.com

    ReplyDelete

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!