Friday, February 20, 2015

Apa itu essence, serum, dan ampoule?

Halo semuanya!
Balik lagi di sesi ketiga dari Q&A.
Di post Q&A sebelumnya, aku udah membahas mengenai:
apa itu essence serum ampoule
Di sesi Q&A kali ini, aku mau membahas mengenai essence, serum, dan ampoule serta perbedaannya.
Soalnya dari yang aku lihat, skincare atau perawatan kulit sekarang makin banyak yah step2 nya. Dan buat yang pemula, pasti bingung dong dengan perbedaan nama maupun istilah2 dari skincare yang ada.

Ampoule
Ampoule mengandung bahan- bahan berkonsentrasi tinggi yang gunanya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam arti, misalnya ampoule untuk melembabkan kulit, ampoule untuk memutihkan kulit, dan lain sebagainya. Biasanya Ampul akan lebih mahal harganya dibandingkan dengan serum. Hal ini karena ampul bertekstur ringan dan dapat diserap oleh kulit dengan lebih cepat. Sehingga hasil pemakaian akan terlihat dalam waktu singkat.

Serum
Serum mengandung bahan konsentrat yang lebih tinggi dibandingkan essence. Gunanya juga untuk mencapai suatu tujuan tertentu untuk kulit kita. Jadi, jangan kaget kalau harga serum mahal. Serum bisa memiliki bahan dasar air atau minyak. Serum memiliki partikel lebih halus dari pelembap sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dan sekarang udah banyak banget jenis serum yang ada. Misalnya serum untuk anti-aging, untuk mencerahkan kulit, serum untuk mengecilkan pori2, dan lain sebagainya. Serum dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap.

Apakah serum dan essence berbeda? Hal ini tergantung pada merek kosmetiknya. Untuk produk perawatan wajah dari Jepang dan Korea, kebanyakan akan menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Pada kasus di mana suatu merek mengeluarkan essence dan serum, maka tekstur serum biasanya lebih encer dan mengandung konsentrasi kandungan aktif jauh lebih banyak dari essence.

Essence
Essence biasanya mengandung konsentrasi bahan yang lebih rendah dibandingkan Ampoule dan Serum. Gunanya essence juga bermacam- macam. Ada yang untuk memutihkan kulit, mengontrol minyak di wajah, dan lain- lain. Essence biasanya bertekstur lebih kental ketimbang serum.

Jadi kalau punya Serum dan Essence, yang dipakai duluan yang mana? Biasanya karena tekstur serum lebih cair, maka serum dipakai terlebih dahulu daripada Essence.

Untuk tingkatan konsentrasi bahan aktifnya biasanya Ampoule > Serum > Essence.

Nah, perlu diingat kembali ya perbedaan Ampoule, Serum, dan Essence ini tergantung pada merek pembuatnya. Yang aku tulis disini adalah kasus paling umum yang aku sering temuin di produk kecantikan produksi Korea.
Oke, sekian dulu Q&A kali ini. Semoga membantu yah.. Kalau ada yang mau ditanyain atau suggestion untuk Q&A selanjutnya, comment aja di post ini :)

Sumber: 1,2

Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

No comments:

Post a Comment

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!