Friday, May 1, 2015

Cara Mengetahui Periode Kadaluarsa Kosmetik

Setiap produk kosmetik memiliki masa pakai yang terbatas, dan bisa berdampak buruk jika terus digunakan, dari iritasi hingga kanker kulit.
Oleh karena itu sebagai konsumen, kita harus tau cara mengecek masa kadaluarsa kosmetik yang Anda gunakan




Tanda kadaluarsa masing- masing produk kosmetik:
-Lipstik
Tanda-tanda jika lipstik sudah tidak layak pakai, antara lain aromanya yang sudah mulai berubah menjadi apek, teksturnya berubah seperti mencair dan meleleh, dan tidak lagi dapat menempel maksimal di bibir.
-Maskara
Maskara merupakan tempat ternyaman untuk bakteri berkembang. Kondisi fisik maskara yang sudah tidak "sehat", yaitu mulai berbau busuk seperti gas, dan teksturnya mengering dan berubah. Jika menggumpal, maskara mudah masuk dan mengiritasi mata.
-Eyeliner
Eyeliner yang kadaluarsa biasanya sudah kering atau menggumpal. Masa pakai eyeliner cair biasanya hingga 4 bulan, sementara eyeliner pensil masa pakainya cukup awet, mencapai satu tahun. Jikaeyeliner berbentuk pensil, dia harus diraut agar bakteri tidak tinggal tertanam di ujung. Jika eyeliner berbentuk cair atau spidol, pastikan Anda menutup eyeliner tersebut setelah Anda memakainya.
-Blush On
Ciri-ciri blush on yang sudah tidak aman dipakai yaitu warnanya yang terlihat kusam dan kelabu. Blush on bubuk biasanya dapat bertahan hingga 2 tahun, sementara blush on krim dapat bertahan dari 6 bulan hingga 1 tahun.
-Foundation/ Alas Bedak
Ciri bila foundation sudah tak layak pakai adalah terpisah menjadi dua bagian dan warnanya sudah tidak jernih lagi. Bahkan beberapa foundation cenderung berwarna gelap dan tak merata.
-Sunscreen/ Sunblock/ Krim Tabir Surya
Jenis tabir surya apapun yang Anda gunakan, pastikan usia pakainya tak lebih dari 1 tahun. Bila Anda jarang beraktivitas di luar, belilah tabir surya dalam kemasan kecil. Jangan lupa, tutup rapat botol agar lotion atau krimnya tak mudah mengering dan terkena polusi.
-Spons
Karena setiap hari digunakan, ganti spons make up setiap 2-3 bulan sekali. Semakin sering digunakan, spons semakin lembap dan kuman bisa berpindah dari spons ke kulit Anda.

Kalau untuk produk kosmetik korea, kebanyakan mereka akan mencantumkan tanggal produksi dari setiap produknya. Namun ada juga beberapa merek yang mencantumkan tanggal expired. Format penulisan tanggalnya biasanya adalah tahun-bulan-tanggal.
Berikut adalah perbedaan hangul/ tulisan korea yang membedakan apakah tanggal tersebut tanggal produksi atau tanggal expired.
Selain itu, biasanya produk kosmetik juga mencantumkan anjuran pemakaian produk. Biasanya tertera di dalam kemasan dengan tulisan angka dilanjutkan oleh M. Misalnya 3M, 12M, 24M. M dalam kasus ini adalah Months. Jadi kalau tertera 3M, artinya produk disarankan untuk digunakan dalam waktu 3 bulan sejak produk itu dibuka. Begitu pula dengan 12M dan 24M yang masing- masing berarti produk disarankan untuk digunakan/ baik digunakan selama 12 bulan atau 24 bulan sejak produk tersebut dibuka dari kemasannya.
Berikut adalah contoh gambarnya:


Semoga artikel ini membantu ya :)


Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

4 comments:

  1. sangat membantu artikelnya sis nella :D
    lipstick dan eyeliner punyaku udah expired sayang ngebuangnya :3

    ReplyDelete
  2. Kalau eyeshadow brp lama baru expired kak?

    www.bluecattalksbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!