Monday, September 12, 2016

Jakarta Wedding Venue Part 1

Yes! You read it right!
I am getting married! Wohooo!
Pencarian gedung nya cukup mendadak sih, karena kita cuma punya waktu sekitar 6 bulan untuk persiapannya. Cukup clueless juga mengenai apa aja yang harus dilakukan secara aku ga ngerti step2 nya karena aku anak pertama dan sepupu2ku belum ada yang menikah!
Untungnya camer sangat ahli dibidang mengurus pernikahan karena punya pengalaman jadi ketua panitia nikahan sepupu2nya cami.
Nah, buat membantu para bride to be juga nih, aku memutuskan akan membuat postingan mengenai persiapan pernikahanku dengan post series yang kunamakan Wedding 101.
Jadi yang pertama kita lakuin adalah.. pencarian venue.
Cami udah jatuh cinta dengan salah satu gedung, tapi waktu itu aku masih kurang sreg, jadi aku harus cari dan kontak sendiri gedung lain.
Ada beberapa gedung yang aku sempat telfon dan survey. Akan aku pecah dalam beberapa post kali ya supaya tidak kebanyakan.
Di postingan kali ini aku akan membahas Gedung Sinema Hall dan Wisma Antara.
Note: harga yang aku cantumkan adalah harga yang aku tanya pada tahun 2016

Sinema Hall

Lokasi Jalan Letjen MT. Haryono Kav. 47-48, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12770


Aku nemu gedung ini karena baca blog nya Mba Gatri mengenai persiapan pernikahannya (diarygatri.blogspot.co.id) dan aku lihat oke juga venue nya karena luas.
Gedung Sinema Hall ini menawarkan All-in wedding package yaitu 130juta. Ini sudah termasuk apabila ada acara akad atau pemberkatan sebelumnya.
Di gedung ini, biasanya 1 hari ada 2 acara. Yaitu siang dan malam. Untuk siang hari, biasanya Akad atau Pemberkatan dimulai pukul 8, sedangkan untuk resepsinya sendiri dari pukul 11 sampai jam 1 siang. Untuk acara malam, biasanya Akad atau Pemberkatan dimulai pukul setengah 4, sedangkan resepsinya mulai pukul 7 sampai jam 9 malam.
Untuk acara siang, pengantin sudah bisa datang ke gedung untuk persiapan dari subuh (atau jam 5) sedangkan untuk acara malam, pengantin sudah bisa datang ke gedung pukul 2.

Untuk contact kantornya bisa telfon ke (021) 7985632. Sedangkan waktu itu aku disambungkan dengan Marketing bagian Wedding: Mba Riza yang langsung memberi nomor hp nya 081284084262. Kalau dari first impression, Mba Riza cukup oke menjelaskan semua nya dan sempat mengundang aku melihat wedding di hari Sabtu/ Minggu waktu itu.

Walaupun lokasinya cukup dekat dengan kantorku, aku tidak sempat survey langsung ke sana. Lagipula pada waktu itu, gedung ini cukup overbudget buat pernikahan kami yang ingin sederhana saja.

Wisma Antara

Lokasi Jl. Medan Merdeka Sel. No.17, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Aku tau gedung ini dari mama, katanya beliau pernah datang kondangan di Gedung ini. Dan kata camer harganya ga gitu mahal.
Auditorium Adhiyana pada gedung ini memiliki kapasitas 800 orang, jadi hanya muat untuk sekitar 400 undangan. Harga sewa gedungnya adalah 11 juta rupiah untuk 4 jam pemakaian. Harga tersebut sudah termasuk AC, sound system, 100 kursi, karpet jalan, ruang rias, ruang VIP, free parkir untuk 10 mobil. Untuk penambahan jam nya dikenakan 2 juta rupiah per jamnya.
Jadi karena harga gedung ini cukup oke dan bisa book tanggal selama 7 hari sebelum harus DP, akhirnya aku taruh tanggal dulu deh di gedung ini dengan rencana weekend minggu itu aku mau survey ke sana.

Untuk contact nya pertama aku telfon ke kantornya 021-3507103 atau 021-3507104 dan disambungkan ke bagian Weddingnya yaitu Ibu Ning 081284243613.

Aku, cami, dan mama sempat survey ke sana pada saat sela- sela wedding di hari Sabtu siang sekitar pukul 13.00. Sebetulnya tanpa janjian dengan Ibu Ningnya sih, tapi pas kesana kebetulan banget Ibu Ning baru keluar dari kantornya dan langsung tanya- tanya deh. Kantor administrasinya sendiri ada di Lantai 2 tepat sebelah Auditorium Adhiyana. Kekurangannya memilih pernikahan di gedung adalah setiap gedung memiliki rekanan vendor sendiri, begitu pula Wisma Antara ini. Sayangnya, ketika tanya vendor apa saja yang rekanan di gedung ini, Ibu Ning tidak bisa memberi listnya sebelum kami membayar DP. Jadi Ibu Ning hanya memberikan 3 kontak katering yang bisa kami tanya range harganya. DP pertama yang harus dibayarkan sebesar 4 juta rupiah.

Akhirnya sih kami tidak jadi memilih tempat ini dengan beberapa alasan. Di gedung ini, catering juga dikenakan charge berupa persenan walaupun catering rekanan, kalau untuk catering bukan rekanan, chargenya lebih mahal lagi. Jadi ada biaya tambahan lain yang diperlukan. Kemudian ada juga biaya- biaya lain seperti jika ingin memakai band, dan sebagainya. Setelah dihitung- hitung, charge total di gedung ini lumayan mahal juga karena bisa sampai belasan juta. Alasan yang kedua adalah, ruang VIP nya kecil, ruang riasnya apalagi. Jadi dengan jumlah keluarga besar kami yang puluhan orang dan banyak anak kecil serta manula nya, rasanya ruangan segitu sangat tidak cukup. Nanti untuk lebih detail mengenai charge tambahan2nya aku cari kertas price nya dulu ya. Dan untuk foto2 lokasinya aku tanyakan ke cami dulu apakah dia masih menyimpan fotonya atau engga karena waktu survey hpku lowbat.

Tentu saja hunting gedung tidak berhenti kami lakukan, stay tune di post selanjutnya yah.


Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

1 comment:

  1. Waah selamat ya mbaaa :). Jd inget masa2 dulu mau nikah.. WO nya ngasih bbrp pilihan gedung ke kita, dan kitanya yg pilih mau yg mana.. Rempong bener ya.. Tp dinikmatin aja semuanya :)

    ReplyDelete

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!