Thursday, November 10, 2016

Terbang Nyaman Dengan Pesawat Low Cost Carrier

Setiap menjelang liburan tentu banyak yang cari tiket maskapai low cost carrier. Memang maskapai penerbangan yang memiliki low cost carrier atau LCC banyak digemari masyarakat, terutama karena dengan tiket murah sudah bisa naik pesawat. Apalagi transportasi pesawat memudahkan berbagai perjalanan, terutama perjalanan jarak jauh. Cari tiket murah pesawat kini semakin praktis dan bisa dipesan dengan sistem online.


Meski demikian, masih banyak juga masyarakat yang beranggapan pesawat dengan low cost carrier memiliki mutu kenyaman dan keamanan yang tidak recomended. Sehingga disinyalir akan menerima pelayanan yang tidak maksimal, dan rawan kecelakaan. Sampai ada rumor di masyarakat: Hati-hati naik pesawat murah, berangkat rapi, pulang tinggal nama. Apakah memang demikian mutu pesawat low cost carrier?

Pesawat low cost carrier mulai populer di Asia sekitar tahun 2000. Awalnya dipopulerkan oleh Maskapai Air Asia yang dipunyai oleh warga Malaysia, Tony Fernandez dan diikuti maskapai penerbangan lainnya. Meski terdapat rumor soal pelayanan dan keselamatan penerbangan, pesawat low cost carrier tetap digemari. Sebab maskapai yang memiliki low cost carrier itu tidak berarti melalaikan atau tidak memperhatikan perawatan dan safety point, kedua hal tersebut tetap menjadi yang utama.

Pertanyaan Anda mungkin seperti ini, lalu mengapa bisa low cost carrier? Apakah maskapai tersebut tidak mengalami kerugian? Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat maskapai low cost carrier tetap beroperasi dengan layanan dan penerbangan yang bagus:
  • Tiket murah atau promo dari maskapai low cost carrier atau LCC hanya bisa dipesan online dan kantor ticketing: Hal ini untuk mengurangi biaya agen, terutama penjualan tiket secara online yang memiliki sistem e-ticket dapat mengurangi biaya cetak tiket pesawat. Apalagi penumpang yang mencetak sendiri. Sistem pemesanan tiket jauh hari via online juga merupakan salah satu penghematan maskapai LCC karena sistem booking ini mengurangi beban untuk mengurus ground handling, otomatis semua jadi diatur oleh sistem.
  • Fasilitas disesuaikan kebutuhan penumpang. Jadi penumpang Maskapai LCC membayar tiket hanya untuk kursi saja, yang lain-lain seperti minuman, makanan, bagasi lebih dari yang ditentukan maskapai penerbangan, jika penumpang menghendaki akan dikenakan biaya lagi. Hal ini tentu saja membuat tiket pesawat murah.
  • Pola penerbangan dengan point to point. Maskapai LCC tidak memiliki penerbangan dengan sistem transit, sehingga tiket menjadi lebih murah. Namun jika Anda memiliki tujuan yang rutenya tidak bisa langsung, maka Anda harus membeli tiket dua untuk penerbangan berikutnya, termasuk ganti bagasi dan check in kembali. 
  • Tidak menggunakan Garbarata. Maskapai LCC tidak menggunakan fasilitas bus yang mengantar ke terminal kedatangan dan fasilitas garbarata. Garbarata semacam jembatan yang digunakan untuk menghubungkan penumpang dari ruang tunggu ke pintu pesawat. Kecuali bagi penumpang berkebutuhan khusus, tetap disediakan fasilitas. Semua itu untuk menghemat biaya agar tiket tetap murah. 
  • Memerikan program promo booking tiket dari jauh hari. Anda sering melihat atau membaca iklan booking tiket jauh hari, misalnya enam bulan sebelum keberangkatan. Harganya pasti jauh lebih murah, ini karena maskapai dapat memprediksi segala hal yang akan disiapkan maskapai. Sehingga akan menekan biaya budget diluar dugaan. 
  • Membuat sistem penghematan biaya akomodasi kru. Meminimalisir biaya dengan tidak mengganti atau merubah kru pesawat yang bertugas, sehingga tidak membutuhkan biaya penginapan dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena biaya akomodasi bagi kru pesawat itu sendiri akan mengeluarkan budget besar bagi pihak maskapai.

Beberapa kebijakan-kebijakan efisiensi biaya di atas lah yang membuat maskapai bisa membuka sistem tiket murah atau low cash carrier. Mengurangi biaya-biaya yang tidak terlalu urgent, tanpa mengurangi biaya pemeliharaan pesawat. Perkembangan maskapai LCC di Indonesia sekarang juga sudah pesat karena semakin banyak peminatnya. Beberapa maskapai LCC yang ada di Indonesia diantaranya: Citilink, AirAsia, Lion Air. 

Bahkan AirAsia merupakan salah satu Maskapai LCC yang menjadi favorit penumpang. Banyak yang merekomendasikannya karena memiliki rute penerbangan banyak, nyaris jarang delay, dan sering mengadakan promo ke tujuan-tujuan tertentu. Apalagi promo ditujukan hampir semua kota di Indonesia, tentu saja hal ini menjadi favorit para traveler. Jadi tetap bisa terbang nyaman kan, meski dengan pesawat low cost carrier?

Kalau aku sendiri lagi mengincar tiket murah untuk jalan- jalan ke Korea. Baca juga: cerita perjalanan ku ke Korea Selatan





Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

No comments:

Post a Comment

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!