Tuesday, March 28, 2017

Tips Membeli Perabotan serta Karpet Bulu untuk Rumah Baru

Bagi yang pertama kali berkunjung ke blogku, pasti kalian belum tau kalau Januari lalu aku baru saja menikah. Baca juga: tips mempersiapkan pernikahan. Rencananya jika lancar, aku akan segera menyusul suami ku ke Australia untuk tinggal di sana minimal 1 tahun karena suamiku sedang melanjutkan studinya di sana. Untuk tinggal di Australia pun kami berencana untuk menyewa apartemen per tahun yang dekat dengan kampusnya. Sebagai pasangan muda baru, tentu saja kami sangat excited untuk memulai hidup baru. Bayangkan saja di sana kami mendapatkan apartemen unfurnished! Jadi kami harus mencari perabot rumah tangga dari 0. Kecuali untuk kompor, oven, kipas angin, dan heater sudah disediakan dari sana.

Cukup pusing juga sih karena banyak banget berarti peralatan rumah tangga yang harus dibeli agar apartemennya layak dihuni. Nah di postingan kali ini aku akan membagikan tips membeli perabotan untuk rumah baru versi pasangan muda.

Untuk membeli perabotan dan seisi rumah, kami sadar banget dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Oleh karena itu, kami berencana untuk membeli perabotannya sedikit demi sedikit. Yang penting perabot crusial yang penting kalian miliki terbeli dulu di awal.

Tips Membeli Perabotan serta Karpet Bulu untuk Rumah Baru

5 Barang yang perlu dibeli untuk rumah baru menurut kami:
1. Tempat Tidur
Hal pertama yang wajib dibeli. Kalau engga, mau tidur dimana nantinya? Ga mungkin kan tidur di lantai, bisa- bisa baru sehari badan sakit- sakit semua. Belum lagi kalau masuk angin nantinya.

2. Kulkas
Item kedua yang penting dimiliki untuk menyimpan persediaan bahan makanan. Walaupun belum bisa masak di rumah baru, at least kalau beli delivery atau take away dan ada sisa, makanan tidak akan basi dan bisa kamu simpan di kulkas untuk dikonsumsi keesokan harinya.

3. Kompor (jika belum ada), peralatan dapur, perlatan bersih- bersih dan peralatan makan
Tidak semua rumah atau apartemen sudah termasuk kompor di dalamnya. Jadi supaya bisa berhemat ga makan di luar terus, kalian bisa masak sendiri deh di rumah. Sedangkan untuk peralatan makan contohnya seperti piring, sendok, garpu, gelas, rak piring, pisau, dan peralatan dapur lainnya.

4. Kipas Angin/ AC
Penting banget bagi kalian yang ga tahan dengan udara panas. Mungkin kalau yang punya budget terbatas bisa beli kipas angin, dan kalau budgetnya cukup bisa langsung beli Air Conditioner. Untuk tahap awal bisa beli 1 dulu untuk ditaruh di kamar utama. Nanti setelah barang- barang yang krusial lainnya sudah terbeli baru bisa nambah sesuai kebutuhan.

5. Mesin Cuci, Setrika, dan Hanger
Walaupun sekarang sudah banyak servis laundry kiloan, tapi kan ada orang yang lebih sreg kalau nyuci sendiri apalagi untuk pakaian- pakaian yang sensitif seperti pakaian dalam. Ga mungkin dong mau setiap kali nyuci manual pakai tangan, yah kecuali kalian punya pembantu rumah tangga ya. Tapi bagi kami pasangan muda yang baru meniti karir dan belum mampu membayar pembantu rumah tangga, mau ga mau ya kalau nyuci manual, nyuci sendiri pakai tangan. Makannya mesin cuci masuk dalam list barang yang perlu dibeli untuk rumah baru. Ga mungkin dong setelah nyuci baju, bajunya ga dijemur dan ga disetrika. Jadi hanger dan setrika wajib masuk ke list kami.

6. Perlengkapan Lainnya
Beberapa perintilan lain yang perlu dibeli untuk sehari- hari seperti seprei, bantal, guling, selimut, handuk untuk mandi, keset atau karpet bulu dan lain- lain yang kadang sering kelupaan padahal cukup crusial. Sedikit cerita, suamiku adalah tipe yang suka di kamarnya dilapisin karpet. Jadilah kami berdua mencari karpet bulu karakter yang sesuai dengan desain kamar kita. Kenapa pilih yang ada karakternya? Intinya sih supaya ruangan lebih lucu dan fun aja.

Menurut kami berdua, ada beberapa kelebihan memakai karpet di ruangan antara lain kenyamanan, lantai yang dilapisi karpet akan menambah rasa nyaman karena kelembutannya. Jadi ga perlu lagi menggunakan alas kaki ketika berjalan di dalam rumah karena takut dingin. Berguna banget kalau kamu tinggal di daerah yang suhu nya rendah. Yang kedua, karpet akan mengurangi resiko memar saat terjatuh. Terutama apabila ada bayi, balita, atau lansia di rumah. Karpet cenderung lebih menahan benturan tergantung pada tebal karpet yang kamu pilih. Selain itu, lantai yang berkarpet lebih tidak licin dibandingkan menggunakan keramik. Karpet juga bersifat sebagai peredam suara sehingga mengurangi tingkat kebisingan di rumah.

Terkadang beberapa orang sempat ragu apakah ingin menggunakan karpet di rumahnya karena takut kotor. Padahal untuk membersihkannya, kamu tinggal rajin vacuum nya aja at least seminggu sekali tergantung kondisi rumah dan udara tempat kamu tinggal. Sama aja sih dengan kamu menggunakan keramik di rumah, kamu harus rajin menyapu dan ngepel. Sedangkan kalau karpet kamu hanya perlu vacuum cleaner saja. Atau kalau memang dirasa perlu, kamu bisa menggunakan jasa cuci karpet yang sekarang sudah cukup banyak tersedia.

Kita sempet survey beberapa karpet di toko furnitur dan browsing harga karpet bulu karakter di toko online. Semuanya lucu- lucu banget. Kita nyarinya yang warnanya tidak terlalu gelap supaya ruangan kami terkesan lebih terang dan lebih luas. Mungkin warna beige, atau rose beige gitu. Warna- warna yang tidak terlalu gelap namun tidak terlalu terang juga.

Yang sudah berpengalaman beli perabotan untuk rumah baru, boleh ya bantu aku kasih tips- tips lainnya melalui komen dibawah.


Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

7 comments:

  1. aku menyimak aja deh yaaa.. secara belom kewong. but maybe someday lahhh :)

    elisabethgultom.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. aku pingin karpet bulunya nih mbak....aduh pindahan rumah itu memang paling repot ya mbak.teringat masa dulu pindah rumah baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nih. baru pertama kali dan cukup riweuh

      Delete
  3. Wah selamat ya mba baru aja menikah 😊😊. Tempat tidur dan perkakas dapur emg yg paling utama 😊😊

    ReplyDelete
  4. enak banget ya sekarang belanja bisa online, duh jadi pengen nyobain mataharimall. Aku pernah juga beli baju di mataharimall barang sampe sesuai dengan yang ada di foto web, bahagianya :D

    ReplyDelete

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!