Monday, May 15, 2017

Lombok - Ikut Tour atau Jalan Sendiri?

Balik lagi ke seri Wedding101 aku, di post kali ini aku mau sharing tentang cerita perjalanan honeymoon aku dan suami ke Lombok. Ini adalah pertama kalinya buat aku dan suami untuk mengunjungi Lombok. Lombok udah jadi salah satu wishlist tujuan wisata ku belakangan ini. Jadi karena ga mungkin jalan- jalan ke luar negeri karena satu dan beberapa hal yang lainnya, akhirnya aku mencari- cari tujuan honeymoon di Indonesia. Akhirnya atas persetujuan suami yang ngikut2 aja, akhirnya kita (baca: aku) memutuskan untuk honeymoon ke Lombok!

Segala persiapan ke lombok dari nyari tiket, booking hotel, rencana perjalanan aku sendiri yang atur. Excited banget! Jadi disaat yang lain lagi hectic nyiapin perintilan pernikahan, aku setiap harinya malah sibuk browsing- browsing tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok. Trus aku juga sempet nyari perbandingan budget antara jalan sendiri vs ikut tour. Dan pada akhirnya aku memutuskan untuk ikut tour.

sunset gili trawangan nellanelwan
P.S Maaf instagram suamiku @hwisesa bukan @hwisesa21 >.<

Ada beberapa alasan aku lebih memilih ikut tour dibandingkan jalan sendiri:

1. Ini pertama kalinya untuk kita berkunjung ke Lombok. Jadi yang pasti kita belum tau jalannya, medannya seperti apa apakah sering macet, apakah banyak motor dan lain sebagainya. Plus kita belum tau tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi yang mana.
2. Transportasi umum di Lombok masih terbilang cukup susah. Cuma ada angkot dan itupun jarang banget. Jadi transportasi umumnya belum sebagus seperti di Jakarta atau kota besar lainnya. Taksi pun juga jarang ada. Jadi mau ga mau kalau kalian mau jalan- jalan sendiri, kalian harus sewa mobil dimana kalian harus mengocek sebesar Rp 500.000 per hari nya belum termasuk bensin. Itu pun tergantung jenis mobil yang kalian pilih. Biasanya yang 500 ribu per hari itu jenis mobil nya avanza. Sedangkan untuk mobil lebih besar seperti Innova biasanya biayanya sekitar 750 ribu.
3. Karena kita ke Lombok dalam rangka Honeymoon, rasanya ikut tour lebih nyaman untuk kita. Jadi kita gausah mikirin harus nyetir sendiri, tinggal duduk dan menikmati pemandangan alam sekitar yang masih bagus di Lombok.

Saat sudah fix akan menggunakan tour dibandingkan jalan sendiri, akhirnya aku browsing- browsing deh paket tour yang ada beserta kisaran harganya. Ada banyak banget tour yang memiliki website sendiri. Di sana udah lengkap banget itinerary nya tempat wisata apa aja yang dikunjungin di setiap harinya. Kalian juga bisa customized tournya sendiri mau berapa hari dan berapa malam tournya.

Akhirnya aku membuat itenerary sendiri di hari pertama. Kami beli pesawat pagi dari Jakarta. Jadi sampai Lombok sekitar jam 10an gitu. Aku memutuskan untuk langsung ke Gili Trawangan di hari pertama. Sehingga kami hanya menyewa mobil untuk pick up kami dari Bandara menuju Pelabuhan. Kami menggunakan jasa tour dari www.transportwisatalombok.com aku langsung add Whatsapp nya atas nama Pak Ketut. Lalu karena males ribet bawa koper dari Pelabuhan Umum nya (Pelabuhan Bangsal) dan belum tau serame apa di sana dan gimana kondisi kapal dan pelabuhannya. Akhirnya kami membeli tiket fastboat dari Pelabuhan Senggigi ke Gili Trawangan. Padahal saya tau kalau naik boat umum melalui Pelabuhan Bangsal akan jauh lebih murah dibanding naik fastboat. Tapi perjalanannya akan 2x lebih lama dibanding naik fastboat.

Berikut rincian harganya:
Pickup Airport ke Senggigi 250.000 per mobil, one way
Tiket Fastboat dari Senggigi ke Gili Trawangan 175.000 per pax, one way

Trus setelah booking pickup dan tiketnya, cukup kaget juga Pak Ketut langsung bilang "Oke sampai ketemu di Lombok". Aku langsung yang Loh? Loh? Aku belum bayar DP kok langsung sampai ketemu di Lombok. Rupanya Pak Ketut menerapkan prinsip saling percaya aja, jadi gausah bayar DP gpp. Tapi karena ini pertama kalinya aku ke Lombok, dan ada dalam pikiran kalau ah nanti kalau Bapaknya lupa jemput gimana, kita mau naik apa. Daripada ribet aku bilang aja aku mau bayar DP dulu, supaya ada jaminan gitu biar sama2 tenang. Akhirnya Pak Ketut kasih nomor rekeningnya untuk bayar DP. Besaran DP nya juga aku sendiri yang menentukan.

Oh ya, untuk hari- hari berikutnya memang aku belum memesan tour melalui Pak Ketut atau tour lainnya. Aku pengen lihat dulu kondisinya gimana, apakah kita nyaman dengan mobilnya, cocok dengan supir sekaligus tour guide nya. Lagipula Hotel di Lombok sudah ada wifinya jadi nanti gampang kalau mau browsing- browsing tour.

Hari 1
Sampailah kami di Lombok, dan Pak Ketut sudah Whatsapp aku bilang bahwa beliau sudah sampai di Bandara dan menunggu kami. Jadi yang menjemput kami adalah Pak Ketut nya sendiri. Sepanjang perjalanan ke Senggigi kami sempat mengobrol- ngobrol dengan Pak Ketut. Trus karena Fastboat nya berangkat jam 1 Siang, kami makan siang dulu di restaurant Ayam Betutu rekomendasi Pak Ketut. Karena kami nyaman dan ngomong sama Pak Ketut juga nyambung, akhirnya suamiku memutuskan untuk menggunakan jasa Pak Ketut selama 3 hari kami di Lombok.

Setelah makan, kami langsung diantar ke Pelabuhan Senggigi dan menunggu fastboat menuju Gili Trawangan. Kami juga janjian dengan Pak Ketut bahwa besok siang kami akan balik dari Gili Trawangan menuju Lombok menggunakan public boat dan Pak Ketut akan menunggu di Pelabuhan Bangsal.

Kami juga sempat berfoto di Pelabuhan Senggigi. Ini pertama kali nya aku melihat laut sebiru dan sejernih itu. Bener- bener biru, engga lebay, norak iya mungkin. Hahaha.

honeymoon lombok nellanelwan

FYI, kami ke sana pada bulan Januari

lombok pelabuhan senggigi nellanelwan

Fast boat yang kita kendarai. Mungkin dari Pelabuhan Senggigi ke Gili Trawangan sekitar 45 menit perjalanan. Perjalanan bisa dibilang cukup halus dengan ombak yang sedang kala itu. Fast boat ini rupanya dari Bali. Jadi rute aslinya Bali - Senggigi - Gili Trawangan.

fastboat senggigi gili trawangan nellanelwan

Untuk di Gili Trawangan, kami memutuskan untuk menginap di Scallywags. Hotelnya kami dapatkan berdasarkan rating dan review dari Agoda. Banyak yang menyarankan untuk mencoba kamar Garden View nya Scallywags Gili Trawangan. Harga per malam nya dibawah 1 juta rupiah kok. So far aku sih ngerekomendasiin Scallywags jadi tempat bermalam di Gili Trawangan.

Oh ya ketika sampai di Pelabuhan Gili Trawangan, kami langsung melihat peta Gili Trawangan melalui Google Maps. Sinyal di sana bisa dibilang cukup bagus untuk internetan. Karena Scallywags letaknya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Gili Trawangan (sekitar 1 sampai 1.5km) kami memutuskan untuk jalan dari Pelabuhan ke Hotel. Alternatifnya kalian bisa naik semacam delman gitu tapi harganya cukup mahal sih yaitu 200.000 sekali jalan. Untungnya bawaan kami hanya 2 koper jadinya ga masalah jalan 1 km.

Pemandangan Hotel Scallywags Gili Trawangan:

scallywags gili trawangan rekomendasi hotel lombok

Kami sampai di sini kira2 jam 2 siang dan sudah bisa check in. Proses check in nya sekitar 30 menit. Sementara itu, kami langsung disuguhkan minuman dingin yang bisa kami pilih (juice atau soft drink) serta handuk dingin untuk mendinginkan badan.

Scallywags juga menyediakan rental sepeda yang harganya 50.000 rupiah untuk seharian. Scallywags juga mempunyai peta Gili Trawangan sehingga memudahkan kami untuk menyusuri Pulau itu. Staff nya juga ramah2 kok, kami sempat bertanya lokasi yang direkomendasikan untuk melihat sunset sore hari.

gili trawangan map nellanelwan

Pemandangan restaurant Scallywags yang juga dijadikan tempat makan pagi.

breakfast view scallywags gili trawangan nellanelwan

Sepertinya post ini sudah terlalu panjang, mungkin untuk tempat hunting sunset di Gili Trawangan dan cerita tour hari- hari setelahnya akan aku lanjutkan di postingan selanjutnya. Jangan lupa klik follow blogku ya untuk selalu tau update postinganku. See ya ~

Baca juga: Review Vendor Gaun Pengantin Part 1

Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

1 comment:

  1. Wah waah pelabuhannya bagus sangat >.<
    cuacanya juga cerah, bikin langit sama lautnya superb keren!

    Ehehehehe. Setahun yg lalu saya juga ke Lombok, dan baru pertama kalinya. Agak khawatir sih, krn cuma berdua sm temen cewe. Tapi krn kita nekat akhrinya bikin itinerary sndiri wkwkw. Nyewa" motor sndiri, cari penginapan sndiri, main" sndiri hehehe. Asyik sih~

    Lombok emang jarang transportasi. Mending sewa motor aja. Jalanannya bagus" kok. Lain kalo bikin itin sndiri aja ka :) biar bs lebih murah dan fleksibel hehe
    (aku ada sih rincian itin Lombok-Sumbawa 9D8N ehe, kalau tertarik bs aku kasih tau)

    Btw, salam kenal ka :)

    ReplyDelete

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!