Friday, October 27, 2017

Dulu Aku Pernah Minder Karena Jerawat

Iya, dulu aku pernah ngalamin yang namanya jerawatan parah. Dari segala produk dicoba sampai perawatan ke dokter kecantikan pun pernah aku jalanin. Entah karena memang jerawat hormonal karena lagi puber, atau ada produk yang ga cocok, pokoknya semakin hari jerawatku semakin parah. Ada titik di mana aku sampai malu bahkan minder karena punya wajah jerawatan. Bahkan aku sampai malas kalau mau di foto.

Kalau jerawat lagi parah- parahnya, rasanya paling kesal ketika ada orang yang bilang "Makannya, rajin bersihin muka" which is not helping at all. Bukannya membantu memberi solusi, malah kesannya mengejek. Kalau waktu itu yang bilang bukan orang yang lebih tua dari aku sih rasanya aku akan bilang "Memangnya kirain setiap pagi dan malam aku ga bersihin muka? Ga coba perawatan? Emangnya aku ga usaha apa2 untuk ngilangin jerawat ini?"
pengalaman jerawat hormonal nellanelwan
2013
Awal mulanya aku jerawatan kayaknya dari SMP (saat pertama kali mau menstruasi), waktu itu ga begitu parah sih. Masih dalam tahap normal mungkin ya. Namanya juga ada perubahan hormon dalam tubuh. Jadi waktu itu aku mulai sadar untuk rajin merawat muka (at least dengan membersihkan muka saat malam hari sebelum tidur).

Kemudian masalah jerawat ini ga hilang2 sampai waktu SMA teman- temanku sudah mulai mengenal yang namanya facial. Sempet bingung2 gitu mau ikutan facial tapi takut, akhirnya mama ku sendiri yang merekomendasikan aku untuk ikut perawatan di klinik kecantikan "L" ketika ke Yogyakarta (dulu aku selalu ke sana paling tidak setahun sekali untuk liburan). Selain facial, aku juga beli produk perawatan lengkapnya seperti sabun cuci muka, pelembab, dll. Sempat agak mendingan, tapi karena aku cuma sempat perawatan setahun sekali, lama- lama kulitku makin parah jerawatannya. Kulit jadi kering banget, tapi jerawatannya makin parah.
dulu aku pernah minder karena jerawatan
2014
Karena ga tahan dengan kondisi kulit yang seperti itu, akhirnya aku memberanikan diri untuk facial di salon biasa di Jakarta (bukan di klinik kecantikan). Memang sih selesai facial jerawat jadi sembuh, tapi muncul masalah baru lagi, yaitu kulit jadi berlubang. Karena dulu masih awam banget soal dunia kecantikan, aku ga tau kalau memencet jerawat sembarangan itu bisa menyebabkan lubang di kulit. Mungkin karena aku facialnya di salon biasa gitu, mba2 yang ngelakuin juga asal2an ga seprofesional kalau di klinik kecantikan.

Aku pakai produk dari klinik kecantikan "L" itu cukup lama, ada mungkin 3 sampai 4 tahun sampai akhirnya aku mulai curiga jangan2 sebenernya aku ga cocok dengan produknya. Note: di sini aku bukan bilang kalau produk dari klinik kecantikan "L" ini jelek ya, tapi karena aku perawatannya cuma bisa 1 tahun sekali serta satu dan lain hal, jadi aku suspect nya aku ga cocok dengan produknya. Aku mulai deh browsing2 produk skincare yang cocok dengan kondisi kulitku saat itu dan memutuskan untuk berhenti menggunakan produk dari klinik kecantikan itu.
dulu aku pernah minder karena jerawatan
2014
Semua ada prosesnya kok, aku coba produk banyak banget sampai aku menemukan yang cocok untuk kulitku. Dan semua itu ga instan. Ada kali prosesnya 1 atau 2 tahun sampai bener2 nemu produk yang bikin kulitku jauh lebih mendingan daripada sebelumnya. Dan efek nya pun ga instan loh ya. Semua secara bertahap. Maka dari itu, setelah trial dan error nyobain semua rangkaian skincare dan mencoba lepas dari produk klinik kecantikan. Banyak banget review produk yang aku baca sebelum aku mencoba suatu produk. Dan ga jarang ada produk yang works di orang lain, tapi di aku ga cocok. Jadi memang skincare itu cocok2an. Apa yang cocok di orang lain, belum tentu cocok di aku. Begitu pula sebaliknya, apa yang cocok di aku, belum tentu cocok di orang lain.

Sempat ada masa di mana sanking aku ga pedenya dengan mukaku, aku selalu pakai makeup kemana- mana. BB Cream jadi produk wajibku untuk keluar rumah. Padahal, dengan kondisi muka yang bermasalah, sebaik apapun ingredients yang ada di makeup itu, ya itu tetep makeup, tetap menutup pori2 kulit. Jadi ketika aku memutuskan untuk berhenti pakai BB Cream setiap hari, kondisi kulitku jauh lebih mendingan. Kerasa banget deh bedanya. Walaupun awal2 ga pakai BB Cream keluar rumah itu ga pede banget, ngerasa insecure. Tapi setelah lama kelamaan, ya jadi biasa aja rasanya.

atasi jerawat nellanelwan
2015 - pakai BB Cream, tapi bisa dilihat kan jerawatnya masih ada kecil2
Untuk kalian yang lagi mengalami jerawatan parah, I feel you. I know what it feels. Jangan sampai tergiur dengan produk- produk yang menawarkan hasil instan. Terus semangat mencari produk yang bener2 works untuk kulitmu. Dulu pas kuliah, aku selalu saving uang jajanku untuk beli skincare demi mencari skincare yang cocok untuk kulitku. I believe skincare is an investment. Kalau pun skincare yang aku beli ga cocok di aku, biasanya aku jual preloved ke orang. Lumayan uang jual preloved nya buat nambah2in untuk coba produk yang lain. Daripada produk nya ga kepake juga kan di aku. Yang terpenting, jangan menyerah untuk cari skincare yang pas untuk kulitmu. Kulit orang beda2 kok, ada orang yang beruntung ga pake skincare apa2 kulitnya tetap mulus, ada yang untuk dapatin kulit mulus skincarenya harus se-abreg2.

Kira2 ada yang tertarik ga ya dengan rangkaian skincare yang aku pakai sehari- hari? Comment di bawah ya.

Always remember, you are beautiful just the way you are. Luv!

bebas jerawat nellanelwan
2017 - Cuma pakai pensil alis & sunscreen

Be friends with me and find me on: 

Love,
nella nelwan indonesian beauty blogger

11 comments:

  1. Cheer for you darling! Your skin looks so much better now. Aku juga dulu suka dikatain nggak ngerawat muka karena wajah bruntusan. Karena dulu suka coba coba kosmetik dan nggak cocok, jadi bruntusan. Kesel memang kalo dikomen begitu. I feel you! Sekarang aku pake micellar water, masker innisfree, moisturizer dari Guerisson aja^^

    Love, blackxugar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin orang kurang peka dengan penderitaan muka jerawatan :')

      Delete
  2. Aku pun pernah se-frustasi itu sama jerawat. Ini masih oarah jerawat aku waktu dulu sih, kalau jerawat aku itu gede-gede banget. Super jelek abis deh. Sekarang masih numbuh jerawat juga 1-2, ga yg bersih-bersih banget tapi udah alhamdulillah banget.

    Yang masih jerawatan parah, harus terus semangat. Yeaahhhh

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
  3. Huaaa...salam kenal kak Nella, aku juga sedang berjuang buat bisa sembuh dari jerawat. Harus banyak sabar dan syukur....:)

    ReplyDelete
  4. Sama bgt!! Skrg pun aku lagi jerawatan. Belum lagi bekas jerawatnya ngeselin bgt. Skrg lagi penyembuhan sih. Kdg suka sebel yaa kalo ada orang ngomentarin kyk gitu

    www.apaceritatami.com

    ReplyDelete
  5. So proud. Akhirnya terlepas dari jerawat juga ya, Mbak. Saya juga yakin pasti bisa. Boleh di share juga dong skin care routinenya :)

    Setuju, kadang komentar orang tuh bukannya bikin semangat malah down ya. Sebel.

    Btw, salam kenal :)

    ReplyDelete
  6. I know that feeling ka :" waktu smp aku sampe keluar dari ekskul karna ga tahan di ejek terus, jerawatan parah itu asli bgt ya bisa nurunin pede nya :(
    Walaupun skrg jg wajah ku belum mulus tapi syukur skrg yg datang sekedar bruntus, buat aku yg pernah ngalamin jerawatan parah sih kondisi skrg termasuk Alhamdulilah.
    Review skincare routine nya aku tunggu loh Ka ^^



    www.nevereverweb.com

    ReplyDelete
  7. Kadang banyak org yang gak paham kalau jerawat itu bukan se-simple "jarang cuci muka". Di kira org yang termasuk Acne Prone Skin gak ngerti how to do skincare properly kali ya. Aku termasuk yang percaya kalau org yang berjerawat pasti udh melalui banyak fase skincare, trial & error bahkan berbagai solusi untuk bisa menghilangkan jerawat. Pasti semua udh pernah dilalui sih hehe.

    ReplyDelete
  8. Ngobatin jerawat memang butuh perjuangan banget. Nyoba berbagai produk demi menemukan yang tepat buat kita eh kadang orang malah komen "makanya jangan gonta ganti produk" :( Congrats buat perjuangan dan kesabarannya ngobatin jerawat mba :)

    afnidinna.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. semangat, aku juga pernah ngefight sama si acne. emang perjuangan dan tingkat kesabaran itu harus super duper yah :)

    ReplyDelete

Don't forget to follow my blog to see the recent updates. Also, leave your blog url too so I can visit you back!